Sejarah Amnatun

Saturday 15 July 2017

SEJARAH KERAJAAN AMNATUN (ONAM)

Pulau Timor dibawah tahun 1500 M


Pada jaman dahulu tersebutlah seorang bangsawan dari Timur Tengah bergelar Luku Neno /LAK NENO yang artinya Ukuran Alam menurut ilmu pengetahuan yang tiada taranya pada jaman itu yaitu Ilmu astronomi. dan  Astrologi.
Berdasarkan ilmunya bangsawan ini menemukan pulau impian tempat tumpuan Matahari lalu diutuslah orang-orang untuk membuka tanah itu dalam beberapa gelombang kedatangan.

Gelombang pertama datang untuk mengamati keadaan di Timor dan mereka menuju ke Gunung Lakaan sebab sebagian pulau masih tertutup air.
Mereka membawa tongkat pengukur laut sehingga bisa mengetahui kedalaman air laut dengan panjang tongkatnya 100 depa dengan 10 ruas. Mereka termasuk Manusia Raksasa yang dikenal dengan sebutan Balli Neno TlakPah yang selalu berkeliling untuk mengukur kedalaman air laut di Timor saat itu.

Jejak kaki dari manusia raksasa ini hingga kini masih terdapat di beberapa tempat di batu-batu besar di pulau Timor seperti yang ada di Sanbet (bekas telapak kaki kanan) dan di Manufui (bekas telapak kaki kiri) di wilayah Amnatun.
Setelah air laut turun maka diutuslah gelombang kedatangan yang berikutnya.

Ketika telah tiba saatnya berpindah ke pulau impian maka berlayarlah armada besar Bnao bangsawan tersebut dibawah pimpinan seorang Kapten yang hebat.Setelah melalui pelayaran yang panjang maka mendaratlah armada Bnao bangsawan tersebut di Wehali (Belu).

Dalam konteks penyembahan benda-benda langit maka Matahari mendapatkan posisi sebagai bapak yang mengepalai segala sesuatu di langit dan di bumi sedangkan bulan sebagai ibu yang memangku segala sesuatu yang ada di langit dan di bumi.Segala sesuatu yang terjadi di langit mempunyai hubungan dengan segala peristiwa yang akan terjadi di bumi mempunyai tanda yang lengkap pada benda- benda kelangitan itu.

Siapakah pada masa itu berbicara dengan bumi lalu bumi menjawab?
Berbicara dengan bintang-bintang dan bintang-bintang menjawab?

No comments:

Post a Comment